468x60 Ads


Senin, 27 Februari 2012

Ekranoplan


Sebuah ekranoplan (bahasa Rusiaэкранопла́н) adalah sebuah kendaraan menyerupai pesawat terbang, tetapi beroperasi atas efek tanah. Efek ini dapat diarasakan ketikan mendarat dalam sebuah penerbangan komersial; sesaat sebelum mendarat, kecepatan merendah dapat dirasakan berkurang. Kendaraan Ground effect (GEV) terbang dapat terbang di permukaan datar apa pun, dengan ketinggian dari permukaan tanah bervariasi sesuai dengan ukuran kendaraan.
Selama Perang Dingin, ekranoplan tampak selama beberapa tahun di Laut Kaspia sebagai objek besar, dan bergerak-cepat. Nama "Monster Laut Kaspia" diberikan oleh intelija A.S. yang bingung akan kendaraan besar ini, yang tampak seperti pesawat dengan sayap bagian luar terpotong. Setelah Perang Dingin berakhir, "monster" ini menampakkan diri sebagai salah satu dari rancangan militer Russia yang terbang hanya beberapa meter di atas permukaan air, mengirit energi dan berada di bawah pengamatan radar musuh.
KM, sebagai salah satu model yang diketahui dalam perkembangan militer Soviet sangat rahasia, dengan panjang lebih dari 100m dan berat 540 ton ketika muatan penuh, dan dapat bergerak dengan kecepatan lebih dari 400 km/jam , hanya beberapa meter di atas permukaan air. Ketika sudah bergerak dengan kecepatan tertentu, ekranoplan tidak lagi bersentuhan dengan air, dan dapat bergerak di atas es, salju, atau permukaan datar lainnya.Atas dasar itu "monster" ini tidak bisa dikategorikan sebagai kapal ataupun pesawat
Sejak jatuhnya Uni Soviet, pengembangan komersial telah dilakukan kebanyakan di Amerika Serikat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar