468x60 Ads


Senin, 18 Juni 2012

10 Pertempuran Kapal Induk Terdahsyat


10 Pertempuran Kapal Induk Terdahsyat

Kapal Induk (Aircraft Carrier), yang bertugas sebagai pangkalan pesawat tempur terapung, merupakan Kapal Perang terkuat yang di kenal oleh manusia. Memiliki armada lengkap kapal induk sampai batas tertentu merupakan symbol kekuatan militer suatu Negara. Mari kita lihat 10 pertempuran yang melibatkan kapal induk dalam sejarah perang modern.

1. Perang Falkland / Malvinas Tanggal : 2 April --14 June, 1982


Lokasi          : Kepulauan Falkland (Islas Malvinas), Selatan Samudra Atlantik
Negara         : Inggris vs Argentina
Kapal Induk : Inggris, 2 Kapal Induk (HMS Hermes dan HMS Invincible) VS 1 Kapal Induk Argentina ( 25 of May)

Keterangan   : setelah menjalani 74 hari pertempuran, Argentina terkepung, memungkinkan Inggris untuk mempertahankan kepulauan ini kembali menjadi miliknya. Tentara Kerajaan Inggris mempergunakan 2 Kapal Induk dalam menyusun pasukan amfibi yang di gunakan mengambil alih Kepulauan Falkland dari serangan tentara Argentina.



2. Pertempuran Teluk Leyte Tanggal : 23 --26 October, 1944

Lokasi         : Leyte Gulf, eastern Philippines
Negara        : Allies (United States and Australia) vs. Japan
Kapal Induk : U.S.: 9 Kapal Induk (USS Intrepid, Hornet, Franklin, Lexington, Bunker Hill, Wasp, Hancock, Enterprise, Essex) dan 8 Kapal Induk mini (Independence, Princeton, Belleau Wood, Cowpens, Monterey, Langley, Cabot, San Jacinto) vs Japan: 1 Kapal Induk (Zuikaku) and 3 light carriers (Zuiho, Chitose, and Chiyoda)

Keterangan : Dengan 21 Kapal Induk yang mengambil bagian dalam pertempuran ini, perang Teluk Leyte telah menjadi pertempuran angkatan laut terbesar selama Perang Dunia ke dua. Setelah pertempuran selesai, pihak sekutu menjadi pemenang, sementara di sisi lain Kerajaan Jepang mengalami kekalahan dan kerugian terbesar, dengan semua Kapal Induk yang di milikinya tenggelam.



3. Pertempuran Laut Filipina Tanggal : 19 --20 June, 1944

Lokasi           : Mariana Islands, Philippine Sea
Negara          : United States vs. Japan
Kapal Induk   : U.S.: 7 fleet carriers (USS Hornet, Yorktown, Bunker Hill, Wasp, Enterprise, Lexington, Essex) and 8 light fleet carriers (Belleau Wood, Bataan, Monterey, Cabot, Princeton, San Jacinto, Cowpens, Langley) vs Japan: 5 fleet carriers (Taiho, Zuikaku, Shokaku, Junyo, Hiyo) and 4 light aircraft carriers (Chitose, Chiyoda, Zuiho, Ryuho)

Keterangan : Inilah yang di sebut pertempuran “Kapal induk vs Kapal induk” terbesar dalam sejarah. Pertempuran ini menjadi mimpi buruk untuk kekalahan Angkatan Laut Kerajaan Jepang, mereka kehilangan tiga Kapal induk, lebih dari 550 – 645 pesawat serta ratusan pilot.



4. Perang Santa Cruz Tanggal : 25 --27 October, 1942
Lokasi             : Santa Cruz Islands, southwestern Pacific Ocean
Negara            : Japan vs. United States
Kapal Induk     : Japan: 2 fleet carriers (Shokaku and Zuikaku) and 1 light fleet carrier (Zuiho) vs U.S.: 2 fleet carriers (USS Enterprise and Hornet)

Keterangan : Pertempuran ini melibatkan pertempuran 4 kapal induk di zona pertempuran Pasifik selama Perang Dunia Dua berlangsung. Setelah perang ini usai, Kerajaan Jepang memperoleh kemenangan besar dengan kerusakan pada kapal induk musuh, saat Angkatan Laut Amerika Serikat kehilangan dua kapal Induknya, USS Enterprise dan Hornet, yang mengalami kerusakan berat.



5. Perang Solomon Timur Tanggal : 24 --25 August, 1942
Lokasi            : Solomon Islands, Oceania
Negara           : Japan vs. Allies (United States and Australia)
Kapal Induk   : Japan: 2 fleet carriers (Shokaku and Zuikaku) and 1 light fleet carrier (Ryujo) vs U.S.: 2 fleet carriers (USS Enterprise and Saratoga)

Keterangan : Pertempuran ini dapat dianggap kemenangan taktis dan strategis untuk Angkatan Laut Amerika Serikat, karena Jepang kehilangan satu kapal induk ringan, lebih banyak kapal perang, pesawat tempur dan pilot. Serta terhambatnya bantuan pasukan Jepang untuk Guadalcanal.



6. Perang Midway Tanggal : 4 --7 June, 1942
Lokasi            : Midway Atoll, an unincorporated area of U.S
Negara           : Japan vs. United States
Kapal Induk   : Japan: 4 fleet carriers (Akagi, Kaga, Hiryu and Soryu) vs U.S.: 3 fleet carriers (USS Yorktown, Enterprise and Hornet)

Keterangan    : Pertempuran secara luas dianggap sebagai pertempuran laut yang paling penting dari Kampanye Pasifik Perang Dunia II. Hal ini terbukti telah menjadi penentu kemenangan angkatan laut AS, sementara Angkatan Laut Kekaisaran Jepang kehilangan semua empat kapal induknya.



7. Perang Laut Karang Tanggal : 4 --8 May, 1942
Lokasi             : Coral Sea, Australia
Negara            : Japan vs. Allies (United States and Australia)
Kapal Induk     : Japan: 2 fleet carriers (Shokaku and Zuikaku) and 1 light fleet carrier (Shoho) vs U.S.: 2 fleet carriers (USS Lexington and Yorktown)

Keterangan      : Meskipun kemenangan taktis untuk orang Jepang dalam hal jumlah kapal musuh yang tenggelam, namun pertempuran ini terbukti menjadi kemenangan strategis bagi Sekutu. Lebih penting lagi, armada Jepang pembawa Shokaku dan Zuikaku - satu rusak dan yang lainnya dengan perlengkapan pesawat yang habis - tidak dapat berpartisipasi dalam Pertempuran Midway, memberikan kontribusi signifikan terhadap kemenangan AS di pertempuran itu.



8. Doolittle Raid Tanggal : 18 April, 1942
Lokasi              : Tokyo and other Japanese cities
Negara             : United States vs. Japan
Kapal Induk     : U.S.: 2 fleet carriers (USS Hornet and Enterprise)

Keterangan       : Merupakan serangan udara pertama oleh Amerika Serikat untuk menyerang Kepulauan Depan Jepang selama Perang Dunia II. Setelah serangan itu, sebagian besar awak B-25 yang terjun ke China akhirnya berhasil sampai dengan selamat dengan bantuan warga sipil Cina dan tentara China.





9. Serangan Pearl Harbor Tanggal : 7 December, 1941
 Lokasi              : Pearl Harbor, Hawaii
 Negara             : Japan vs. United States
 Kapal Induk     : Japan: 6 fleet carriers (Akagi, Kaga, Soryu, Hiryu, Shokaku, and Zuikaku)

Keterangan        : serangan militer Jepang yang menenggelamkan empat kapal perang AS dan dua kapal perusak, merusak banyak kapal lainnya, dan menyebabkan hilangnya 2.000 tentara Amerika.Itu dianggap sebagai kejutan besar bagi rakyat Amerika dan awal mula masuknya Amerika ke dalam Perang Dunia II di Pasifik dan di Eropa.



10. Pertempuran Taranto Tanggal : 11 --12 November, 1940
Lokasi : Taranto, Italy
Negara : United Kingdom vs. Italy
Kapal Induk : UK: 1 fleet carrier (HMS Illustrious)

Keterangan : Dalam pertempuran ini, untuk pertama kali dalam sejarah Royal Navy mengerahkan semua Kapal induk dan kapal perang miliknya digunakan untuk menyerang, terbang dengan mempergunakan sejumlah kecil pembom torpedo. Dalam sebuah kemenangan gemilang untuk Royal Navy, armada Italia kehilangan sekitar setengah kekuatannya hanya dalam satu malam.



Sumber : empuss-miaww.blogspot.com


Read more: http://indonesian-warfare.blogspot.com/2012/06/10-pertempuran-kapal-induk-terdahsyat.html#ixzz1y73WOszV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



FREE PALESTINE | CONDEMN ISRAELI OCCUPATION