468x60 Ads


Minggu, 17 Juni 2012

Viking

 

Bangsa Viking


Sumber : Wikipedia©, misteridunia.wordpress.com, ectic.blogspot.com, berbagai sumber lainnya




Viking adalah suku bangsa dari "Skandinavia", yaitu yang termasuk di dalamnya daratan Norwegia, Denmark, dan Swedia. Diantara tahun 800 dan 1100 M, mereka menduduki, menjarah, menyisir sepanjang pantai barat laut Eropa, sungai-sungai, dan pulau di Eropa, bagian timur Eropa, serta pesisir timur laut Amerika Utara, sampai ke Rusia, dan Konstantinopel, dalam kapal panjang, untuk mencari dan membawa barang rampasan yang sangat berharga.

Kata Viking dipakai belakangan ini saja, masyarakat waktu itu menyebut mereka dengan "Norsemen" (orang utara), sedangkan sumber-sumber utama di Rusia dan Bizantium menyebut mereka dengan nama "Varangian". Sampai sekarang orang Skandinavia modern masih merujuk kepada diri mereka sebagai "Nordbor" (penduduk utara).


Kata Viking mungkin juga berasal dari kata "Vik", yaitu sebuah kota pusat perompak di Norwegia. Ketika para Norsemen pergi sebagai seorang 'Viking', berarti mereka bertarung sebagai seorang perompak. Bangsa Viking Swedia yang menetap di Eropa Timur, mungkin disebut sebagai "Runs", dan jadilah Rusia sebagai nama mereka.

Para Viking membanggakan diri atas keberanian mereka saat berperang, sebagian besar berperang dengan berjalan kaki dan membawa pedang, tombak, serta kapak, sedangkan, para petingginya menggunakan kuda perang. Pasukan "pengejut" disebut "berserker", merekalah yang memimpin serangan.



Berserker adalah bangsa Norse dengan ciri khas 'tanpa mengenakan baju perang besi', dengan tampang yang bengis dan tubuh yang kekar, serta sifatnya yang brutal. Sebelum berperang, mereka menjadi gila bertempur karena mabuk dan narkotika, serta mempercayakannya pada Dewa mereka, yaitu "Odin" (Dewa Perang Bangsa Viking), agar mereka tetap selamat.

Dewa Odin pada Mitologi Nordik, merupakan pemimpin para dewa, yang memiliki peran, sebagai : Dewa Kebijaksaan, Dewa Perang dan Pertempuran, dan Dewa Kematian. Dia dan istrinya, Frigg, adalah penguasa Asgard, termasuk Valhalla, yang merupakan surga bangsa Viking setelah kematian, tempat dimana mereka akan dijamu oleh Dewa Odin sebagai para pahlawan yang tewas dalam pertempuran.



Dewa Odin

Valhalla berada pada Ibukota dari Sembilan Dunia, yaitu Asgard, yang merupakan dunia para Æsir, yaitu golongan Dewa-Dewi tinggi yang paling berkuasa.



Armada Laut


Kapal Viking

Para Viking umumnya terkenal karena merupakan pelaut yang ulung dan tangguh. Kapal-kapal kayu yang mereka buat yang disebut kapal panjang, merupakan sebuah kontruksi kapal laut yang sangat kokoh, ringan, dan mempunyai bagian bawah yang datar, memungkinkan mereka untuk berlayar di sungai yang dangkal dan juga diperairan terbuka. Kapal ini pun mudah dikendalikan untuk perjalanan ekpedisi dengan yang nagivator berpengalaman.